Kerukunan agama di Indonesia

Pengertian kerukunan antar umat beragama adalah suatu bentuk sosialisasi yang damai dan tercipta karena adanya toleransi beragama. Toleransi agama sendiri adalah sebuah sikap saling mengerti dan menghargai tanpa adanya diskriminaso dalam masalah apapun, terutama masalah agama. Dari sini kita bias menyimpulkan bahwa kerukunan umat beragama merupakan hal yang sangat penting untuk tercapainya kesejahteraan hidup di Negara kita.

Setiap negara di dunia memiliki keunikan tersendiri dalam membina dan memelihara kerukunan umat beragama, tak terkecuali Indonesia. Keunikan tersebut terjadi karena bermacam-macam faktor seperti sejarah, politik, sosial, budaya/etnis, geografi, demografi, pendidikan, ekonomi, serta faktor keragaman agama itu sendiri.

Di Indonesia sendiri, sejak zaman pra-sejarah sudah berkembang berbagai agama dan kepercayaan, baik agama asli seperti animisme, dinamisme, maupun agama impor yang dibawa oleh pendatang dari Barat maupun Timur. Agama-agama ini dibawa melalui jalur perdagangan, politik imperialisme, dan misi agama (gold, glory, and gospel). Semenjak itulah agama-agama yang ada di Indonesia terus berkembang dan diikuti oleh semakin bertambahnya jumlah para pemeluk, hingga saat ini tak kurang ada enam agama resmi yang diakui oleh negara yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghuchu, ditambah dengan bermacam-macam aliran/sekte lainnya. Meskipun demikian situasi kerukunan umat beragama di Indonesia relatif terpelihara dengan baik.

Pada kerja sama pelaksaan MTQ tahun 2012 di Ambon. Ambon merupakan wilayah yang pernah berkonflik antara Kristen dan Islam. Meskipun hal itu pernah terjadi, masyarakat nasrani di Ambon justru antusias mensukseskan MTQ di Ambon kala itu. Disitu lah kita melihat betapa hebatnya kerja sama dalam pelaksanaan MTQ. Terutama umat Kristen dan tokoh gereja. Panitia dari umat Kristiani banyak. Paduan suara gereja jadi paduan suara yang ditampilkan pada pembukaan dan penutupan. Mars MTQ dinyanyikan paduan suara gereja. Lagu-lagu rohani Islam dinyanyikan paduan suara gereja. Selain itu, pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) yang diselenggarakan di Sulawesi Tenggara yang mayoritas penduduknya 94 persen beragama Islam berjalan dengan lancar. Pelaksanaan Pesparawi tersebut berlangsung tanpa gangguan. Bahkan 85 persen panitianya adalah Islam.

Harus disadari jugabahwa, setiap agama pasti memiliki aturan masing – masing dalam beribadah, namun perbedaan tersebut seharusnya tidak menjadi alas an untuk terpecah – belah. Sikap yang terbaik sebagai saudara setanah air adalah bersama – sama kita semua bias membangun Negara menjadi lebih baik lagi.

Di Indonesia, terdapat tiga konsep kerukunan umat beragama yang dinamakan “Tri kerukunan umat beragama”, isinya adalah sebagai berikut :

1. Kerukunan intern umat beragama, yakni bentuk kerukunan yang terjalin antar masyarakat penganut agama.

2. Kerukunan umat beragama, yakni bentuk kerukunan yang saling terjalin antar masyarakt yang memeluk agama yang berbeda.

3. Kerukunan umat beragama dengan pemerintah, yakni bentuk kerukunan semua umat – umat beragama dengan pemerintah.

Semua peraturan pemerintah yang membahas masalah kerukunan hidup umat beragama, harus mencakup emapt pokok masalah yang diantaranya : tentang pendirian rumah ibadah, penyiaran agama, batuan keagamaan dari luar negeri, dan tenaga asing di bidang keagamaan.

Yang menjadi kendala dari terwujudnya kerukunan antar umat beragama, diantaranya : rendahnya sikap toleransi, adanya kepentingan politik, dan sikap fanatisme. Jika semua itu terjadi maka diperlukan beberapa solusi untuk menghadapi masalah tersebut seperti melakukan dialog antar pemeluk agama dan menanamkan sikap optimism pada tujuan untuk mewujudkan kerukunan umat beragama.


Daftar Pustaka

http://news.okezone.com/read/2013/07/09/337/834161/kerukunan-umat-beragama-di-indonesia-terbaik-di-dunia
http://www.bimbingan.org/pengertian-kerukunan-antar-umat-beragama.htm
http://riau1.kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=499




0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes