Teknologi Internet dan New Media

A. Definisi

New Media atau media baru adalah sebuah istilah yang muncul di akhir abad ke-20 untuk menandai bergabungnya media tradisional seperti film, foto, musik, rekaman dan tulisan, dengan kekuatan komputerisasi dan teknologi komunikasi, peralatan konsumen berbasis komputer dan yang paling penting, internet. New media memungkinkan akses tanpa batas, kapan saja, dimana saja dan dengan perangkat digital apapun. Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.
Berikut beberapa definisi new media menurut para ahli :

1. Menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

2. Menurut Santoso S. Hamidjojo dalam Amir Achsin (1980), media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang menyebar ide, sehingga ide atau gagasan itu sampai pada penerima.

3. Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.

Berdasarkan definisi new media menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa new media merupakan sarana yang dapat memungkinkan mengakses dengan perangkat digital untuk mendapatkan suatu informasi maupun memberikan informasi.



B. Pandangan

New media adalah perkembangan baru yang sangat penting dalam kehidupan globalisasi saat ini. Namun new media memberi dampak positif maupun negative. Contoh dampak positifnya adalah dapat memudahkan dalam bertukar informasi dari berbagai kegiatan lainnya. Sedangkan dampak negativenya adalah banyak pengguna yang menyalahgunakan new media ini dan memberikan efek ketagihan bagi pengguna. Jadi, seharusnya new media ini dapat digunakan dengan efektif serta perkembangannya dapat diikuti juga dengan kebijakan penggunanya.



C. Manfaat

Manfaat new media dapat di lihat dari berbagai bidang :

1. Bidang pendidikan

Dengan adanya new media, pelajar dan mahasiswa dapat mengakses bahan pelajaran melalui internet.

2. Bidang ekonomi

Transaksi jual-beli dapat dilakukan dengan belanja online

3. Bidang pencarian kerja

Dalam bidang ini new media memliki peranan penting. Tenaga kerja dengan mudah mencari pekerjaan dengan melihat website di sebuah instansi

4. Bidang komunikasi

Melalui new media pengguna dapat berkomunikasi jarak jauh dengan mudah melalui jejaring social dll.



D. Komponen

New media sebagai sarana teknologi dan informasi memliki beberapa komponen pendukung, yakni :

1. Internet & Web

2. Personal Komputer (PC) / Notebook

3. DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)

4. VCDs (Compact Discs)

5. Portable Media Player

6. Mobile Phone

7. Video Game/ Game Computer

8. Virtual Reality, dsb



E. Aplikasi

Beberapa contoh aplikasi yang mengembangkan new media adalah sebagai berikut :

1. Jejaring social adalah sarana berkomunikasi yang memudahkan pengguna berkomunikasi dengan mudah dan dimanapun dia berada. Contohnya : facebook, twitter, path, instagram, skype, dll.

2. E-mail adalah sarana yang dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui surat elektronik. Contohnya : yahoo, gmail, dll.

3. Online shop adalah transaksi jual beli online. Contohnya : olx, berniaga, dll.

4. E-learning adalah layanan pendidikan secara online berupa pembahasan materi dan meyediakan buku elektronik. Contohnya : BSE, e-dukasi.net, dll.

5. Media informasi adalah memberikan informasi atau berita terkini secara cepat sebagai pengganti Koran atau majalah. Contohnya : okezone, detik.com, dll.

6. Search engine adalah aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat dalam website untuk mencari sebuah berita. Contohnya : google, bing, dll.



Sumber :







0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes