Rangkuman Buku Ilmu Budaya Dasar Bab 1-11

a. Pendahuluan

Mata kuliah ilmu budaya dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nila-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya sehari-hari.


b. IBD sebagai bagian dari MKDU

Secara khsus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang berkualifikasi sbb :

1. Berjiwa pancasila

2. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral

4. Memiliki wawasan budaya yang luas


c. Pengertian IBD

Secara sederhana ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.


d. Tujuan IBD

Tujuan ilmu budaya dasar adalah semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dalam sekitarnya


e. Ruang lingkup IBD

Ruang lingkup ilmu budaya dasar dilihat dari pokok bahasan yang akan di kembangkan adalah :

1. Manusia dan cinta kasih

Menurut kamus besar bahasa Indonesia cinta adalah rasa sangat suka, atau rasa sayang, ataupun rasa sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Karna itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

2. Manusia dan keindahan

Kata indah berasal dari kata indah yang berarti permai, elok, molek dan sebagainya. Keindahan adalah identic dengan kebenaran. Keindahan memiliki banyak arti. Karena itu dalam estetika modern orang lebih suka berbicara seni dan pengalaman estetik.

3. Manusia dan penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin atau lahir batin.

4. Manusia dan keadilan

Keadilan adalah keadaan bila setiap orang memperoleh apa yang terjadi haknya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama.

5. Manusia dan pandangan hidup

Pandangan hidup itu bersifat kodrati. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia.

6. Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian

Tanggung jawab adlah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian adalah perbuatan baik berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat atau satu ikatan dan semua itu dilakukan ikhlas. Pengorbanan adalah pemberian untuk menyatakan kebaktian.

7. Manusia dan kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tenteram hati maupun perbuatanya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam

8. Manusia dan harapan

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan.


f. Manusia dan Kebudayaan

1. Manusia dapat di definisikan dari berbagai pandangan yaitu : ilmu kimia, ilmu fisika, biologi, ekonomi, sosiologi, politik dan filsafat. Manusia terdiri dari empat unsur : jasad, hayat, tuh dan nafs. Manusia juga sebagai satu kepribadian yaitu Id, Ego dan Superego.

2. Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.


g. konsep ilmu budaya dasar dalam kesusatraan

1. Pendekatan kesusatraan

Orientasi the humanities adalah ilmu dengan mempelajari satu atau sebagian dari sisiplin ilmu yang tercakup dalam the humanities, mahasiswa diharapkan homo humanus yang labih baik.



Daftar Pustaka

Ebook ilmu budaya dasar unversitas gunadarma

http://elearning.gunadarma.ac.id/?option=com_wrapper&Itemid=36





0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes