Manusia dan Keadilan


Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.

Keadilan adalah keadaan bila setiap orang memperoleh apa yang terjadi haknya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa "Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran". Tapi, menurut kebanyakan teori juga, keadilan belum lagi tercapai: "Kita tidak hidup di dunia yang adil". Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan. Tapi, banyaknya jumlah dan variasi teori keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidakadilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas. keadilan intinya adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya.

Macam – macam keadilan :

1. Keadilan legal atau keadilan moral

Keadilan legal atau keadilan moral adalah keadilan yang mengikuti penyesuaian atau pemberian tempat seseorang dalam masyarakat sesuai dengan kemampuannya , dan yang dianggap sesuai dengan kemampuan yang bersangkutan .
Keadilan merupakan hal penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara . Charles E. Merriam dalam Miriam Boedihardjo (1982) meletakkan keadilan ini sebagai salah satu prinsip dalam tujuan suatu Negara , yaitu keamanan ekstern , ketertiban intern , keadilan , kesejahteraan umum , dan kebebasan .

2. Keadilan distributive

Keadilan distributive adalah keadilan yang memberikan hak atau jatah kepada setiap orang menurut jasa-jasa yang telah diberikan (pembagian menurut haknya masing-masing pihak) . Di sini keadilan tidak menuntut pembagian yang sama bagi setiap orang , tetapi pembagian yang sama berdasarkan perbandingan.

3. Keadilan komutatif

Keadilan komulatif adalah keadilan yang memberikan kepada setiap orang sama banyaknya , tanpa mengingat berapa besar jasa-jasa yang telah diberikan (dari kata commute = mengganti , menukarkan , memindahkan) .

Manusia dan keadilan merupakan suatu hal yang saling berhubungan dimana manusia memiliki hak atas keadilan. Mengingat pandangan hidup manusia yaitu pancasila, pada sila ke 5 yang berbunyi "Keadilan sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia", dengan maksud manhusia memiliki hak dalam keadilan. Oleh karena itu, sebagai sesama manusia kita harus saling menghormati dan menghargai atas hak-hak yang dimiliki sesama. Dengan adanya rasa saling menghormati dan menghargai tersebut itu dapat menambah kesejahteraan masyarakat bangsa kita. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut kita harus memulainya, jangan menunggu ada yang memulai. Jadi, bila kita ingin dihargai, maka kita harus menghargai orang terlebih dahulu.

Contohnya, Seorang koruptor yang sering kita dengar dengan sebutan seorang yang suka memakan uang rakyat. Koruptor di tangkap dan dimasukan kepenjara selama 2 tahun tanpa ada goresan luka sedikit pun pada wajahnya. Hal tersebut mencerminkan bahwa hakim dan jaksa di indonesia tidak berlaku adil kepada rakyat kecil yang dikarenakan mencuri dompet mendapatkan masa kurungan lebih dari sang koruptor, padahal koruptor lah yang mencuri uang rakyat lebih banyak dari pada pencopet itu.



Daftar Pustaka

Ebook ilmu budaya dasar unversitas gunadarma

http://elearning.gunadarma.ac.id/?option=com_wrapper&Itemid=36

http://dessabtya-adez.blogspot.com/2012/01/manusia-dan-keadilan.html

http://ashar-rumi.blogspot.com/2012/01/tugas-ilmu-budaya-dasar-manusia-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes