Rangkuman Buku Ilmu Budaya Dasar Bab 6

Bab. 6 Manusia dan penderitaan

a. Pengertian penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin atau lahir batin.

b. Siksaan

Siksaan dapat diartikan sebagain siksaan badan atau jasmani dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rohani. Akibat siksaan timbullah penderitaan.

c. Kekalutan mental

Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih sederhana kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah secara kurang ajar.

d. Penderitaan dan perjuangan

Penderitaan dikatakan sebagai kodrat manusia artinya sudah menjadi konsekwensi, bahwa manusia tidak hanya akan bahagi melainkan juga akan mengalami penderitan. Untuk itu ialah berjuang menghadapi tantangan hidup dalam alam lingkungan sekitar, masyarakat sekitar dengan waspada dan disertai doa kepada tuhan agar terhindari dari malapetaka.

e. Penderitaan, media masa dan seniman

Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasiakan peristiwa-peristiwa penderitaan manusi secara cepat kepada masyarakat. Tetapi tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni sehingga pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan seni.

f. Penderitaan dan sebab-sebabnya

1. Penderitaan yang timbul karena perbuatan manusia

2. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan / azab Tuhan

g. Pengaruh penderitaan

Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negative.

0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes