Sikap Menghargai Waktu

Manusia mempunyai waktu yang sangat singkat di dunia tidak. Waktu merupakan sesuatu yang harus kita hargai. Dengan di berikannya waktu yang relative singkat tidak sepantasnya untuk menyianyiakannya maka sepantasnyalah kita pergunakan waktu sebaik mungkin. Waktu adalah uang. Kalimat tersebut tidak asing lagi bagi kita untuk di dengar. Hal ini mengilustrasikan betapa pentingnya waktu. Karena waktu sama saja menyianyiakan uang.

Tidak seperti kenyataan yang sekarang banyak terjadi. Banyak orang melestarikan budaya “ngaret” dimana setiap kegiatan yang mereka lakukan selalu molor alias selalu di undur. Budaya seperti itu sangat tidak baik untuk kita terlebih lagi bagi generasi – generasi penerus kita selanjutnya. Jika budaya tersebut terus menerus terjadi maka apalah jadinya diri kita ini.
Budaya-budaya itu semua tidak boleh dibiarkan agar anak cucu kita tidak meniru hal buruk ini. Jangan sampai sikap seperti ini dijadikan sebuah kepercayaan bagi mereka untuk mebudayakan terlambat, ngaret dan tidak menghargai waktu. Sudah saatnya kita untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah berniat di dalam hati dan sadar bahwa sikap menghargai waktu merupakan wajib dan harus kita semua lakukan mengingat begitu pentingnya waktu bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Negara akan lebih maju jika warga negaranya lebih menghargai waktu, begitupun sebaliknya.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya pernah mengalami hal sewaktu saya sma sering terlambat ke sekolah akibat bangun kesiangan. Hal ini selalu membawa saya ke dalam masalah dimana setiap pagi ketika saya sudah sampai di sekolah dan telat maka saya diberi sanksi hukuman. Tentunya jika terjadi terus menerus maka akan mejadi tradisi yang sangat tidak baik. Maka dari itu, saya memutuskan untuk berubah. Awal mulanya saya berubah adalah ibu guru saya di sekolah sering memarahi murid – murid yang selalu terlambat. Hal itu menjadikan saya motivasi dimana saya harus berubah. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencoba untuk disiplin. Saya termasuk orang yang suka sekali begadang. Untuk itu saya mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Dengan tidur cepat saya pasti bisa bangun lebih cepat sehingga saya tentunya bisa ke sekolah lebih cepat dan pasinya tidak terlambat. Mulai dari itu, saya sudah tidak pernah terlambat lagi. Ketika kita hidup disiplin maka kehidupan kita pun akan tertata dengan teratur.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan agar bisa menghargai waktu.

1. Selalu bersikap disiplin. Disiplin merupakan kunci dimana kita bisa menghargai waktu.

2. Tepat waktu. Jangan suka menunda – nunda sesuatu. Menunda sesuatu akan justru menyulitkan pekerjaan anda.

3. Bentuklah pola pikir “Time is Money”. Waktu adalah uang. Menyianyiakan waktu berarti membuang – buang waktu. Tentunya anda tidak mau hal ini terjadi di kehidupan anda kan?

4. Mengisi waktu dengan hal positif. Membuang – buang waktu dengan hal negative malah menbuat kehidupan anda buruk. Isilah waktu anda dengan melakukan hal – hal positif.

Banyak keuntungan yang dapat di ambil dari sikap menghargai waktu. Dengan mengerti keuntungan – keuntungan tersebut diharapkan kita semua dapat menghargai waktu dengan baik dan menjadikan sebuah warisan yang depat menjadi contoh yang baik bagi generasi – generasi berikutnya.



0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes