Penerapan Komputasi Modern pada Website dominos.co.id


a. Pengertian Komputasi
    Komputasi diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan computer untuk menganalisis dan memecahkan masalah – masalah ilmu. Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi computer atau berbagai bentuk komputasi lainnyauntuk menyelesaikan masalah – masaah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip – prinsio baru yang mendasar dalam ilmu.

b. Pengertian komputasi modern
    Komputasi modern adalah sebuah konsep system yang menerima instruksi – instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory sisini bias juga dari memory computer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan computer maka bias dibilang computer merupakan komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar – dasar computer modern.
    Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan).
1. Mobile Computing
    Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smartphone, dan lain sebagainya.

2. Grid Computing
    Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah:
- Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
- Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
- Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

3. Cloud Computing
    Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Penerapan Komputasi Modern
    Pada dewasa ini penerapan komputasi modern di aplikasi di berbagai bidang. Salah satunya dibidang ekonomi. Dalam hal ini, saya akan membahas penerapan komputasi modern pada website resmi perusahaan Dominos Indonesia. Website ini menawarkan pemesanan makanan via online yang dapat di jumpai dengan membuka link website https://www.dominos.co.id. Berikut tampilan halaman utama website tersebut.


   Pada tampilan halaman utama website, pengguna dapat melihat informasi dari website tersebut diantaranya terdapat penawaran special, kontak yang bias dihubungi serta plihan option pada navigation menu, dsb. Selanjutnya, pengguna juga dengan mudah memesan dengan memilih button merah.


    Tampilan diatas adalah tampilan saat anda memilih button merah yang apabila anda pilih akan muncul tampilan login. Anda dapat memilih sebagai pelanggan baru ataupun sudah terdaftar. Apabila anda sudah terdaftar akan muncul tampilan sebagai berikut.


Sebelum anda memesan terlebih dahulu pengguna dapat memilih alamat pengiriman dan kontak yang dapat dihubungi. Kemudian pengguna bias mulai memesan.



    Pengguna dapat memilih pesanan sesuai dengan yang dinginkan. Kemudian apabila sudah memilih akan di lanjutkan dengan proses pembayaran.


    Setelah itu, pengguna akan melakukan konfirmsai pemesanan dan menunggu pesanan diantar atau take away sesuai dengan alamat yang dipilih.

Kesimpulan

    Berdasarkan analisa yang saya lakukan terhadap website ini, bahwa website Dominos Indonesia merupakan salah satu website yang sudah memenuhi kriteria komputasi modern dimana system layanan pemesanan dapat dilakukan via online. Prosesnya pun dilakukan dengan menggunakan tenaga kerja computer. Pengguna pun tentunya tidak perlu lagi datang ke restoran untuk memesan makanan atau minuman. 

    Kelebihan yang ada pada website ini adalah interface yang sangat user friendly dimana pengguna dapat mengakses dengan mudah serta informasi kontak yang selalu ditampilkan disetiap halaman. Selain itu website ini dapat diakses dimana saja selama terhubung dengan jaringan internet. Bahkan, pengguna pun dapat mengakses dengan mengunduh aplikasi pada smartphone ios/android. Selain itu, untuk memesan makanan atau minuman, pengguna bisa mimilih login yang artinya pengguna sudah memiliki akun yang terdaftar ataupun pesan sebagai tamu. Hal ini sangat jarang di jumpai dari website pemesanan makanan via online. Kebanyakan pengguna diminta mendaftar terlebih dahulu untuk login dan kemudian memesan makanan ataupun minuman. Selain itu akses website yang cepat meskipun terdapat banyak gambar pada halaman website. Untuk pengguna yang ingin take away pemesanan dapat langsung memilih outlet dominos dimana saja sesuai dengan keinginan anda. Pengguna juga dapat melihat waktu yang dilakukan saat proses pizza dibuat sampai pengiriman pesanan. Pihak Dominos Indonesia memberikan jaminan 30 menit dalam proses pengiriman pesanan sehingga apabila terjadi keterlambatan maka biasanya akan diberikan hadiah kepada pemesan.
    
    Kekurangan dari website ini adalah tidak adanya maps yang menandai lokasi outlet dominos Indonesia. Hal ini sulit diketahui pengguna baru yang tidak mengetahui persis letak outlet tersebut. Selain itu belum ada fitur saat melacak pengiriman pesanan. Pengguna tentunya ingin mengetahui sudah sampai dimana pengiriman pesanan berada. Hal ini tentunya dapat membuat pengguna merasa yakin jika pesanan dapat tiba dengan tepat waktu.

Sumber :
https://www.dominos.co.id
https://www.scribd.com/document/337898211/Pengertian-Dan-Penerapan-Komputasi-Modern

0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes