Contoh Website mengenai e-learing, e-health, e-agriculture

1. E-Learning
Contoh Website berbasis E-Learning adalah UG e-learning center


- Kelebihan website ini adalah
Menurut pendapat saya E-Learning yang dibuat oleh Universitas Gunadarma ini sudah memberikan segala fungsi sebagai website E-Learning yang berkualitas. Pada website ini mahasiswa disuguhkan oleh berbagai fasilitas pembelajaran yang bermanfaat seperti Ebook gratis yaitu buku yang ditampilkan secara Elektronic sehingga mahasiswa dapat membaca materi perkuliahan dimana saja dan kapan saja. Kemudian dilengkapi dengan SAP online yang merupakan materi-materi apa yang akan diajarkan oleh dosen Universitas Gunadarma sehingga mahasiswa dapat mengetahui pembelajaran apa saja yang akan dipelajari sebelum mata kuliah berlangsung ataupun berjalannya perkuliahan. Selanjutnya terdapat V-Class yang merupakan virtual class dimana dosen tidak lagi mengajarkan materi perkuliahan di kelas namun mengajarkan perkuliahan secara online dan mahasiswa dapat menggunggah materi-materi yang disediakan dan dosen dapat memberikan latihan-latihan bahkan kuis-kuis yang menunjang perkuliahan. Selanjutnya ada Material dimana berisikan materi-materi perkuliahan yang akan diajarkan ataupun materi-materi perkuliahan yang bersifat baru yang mungkin akan menjadi mata kuliah baru dikemudian hari. Dan yang terakhir I-Lab merupakan sarana bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti praktikum secara online yang disertai dengan pembelajaran, latihan-latihan dan kuis pada suatu mata kuliah tertentu. Dimana mahasiswa dapat mengikuti berbagai praktikum yang disesuaikan dengan jurusan yang ada.

- Kekurangan dari pengaplikasian website
Menurut saya kekurangan dari website ini sama seperti kekurangan yang ada pada sebuah pembuatan E-Learning yang telah saya jelaskan pada materi diatas dan hampir semua E-Learning memiliki masalah yang sama dan yang paling banyak adalah masalah mengenai siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran E-Learning. Dari siswa yang tidak memliki motivasi yang besar, menganggap sepele materi-materi pada E-Learning, melupakan bahwa E-Learning bermanfaat bagi pembelajaran, keurang mengerti dan memahami penggunaan komputer, kurang mengetahui bahasa pemograman yang ada, kurangnya fasiltas internet karena tidak semua siswa memiliki fasilitas internet yang memadai dan masih banyak lagi tantangan dan kekuranga dibuatnya E-Learning. Namun perlu diingat bahwa tujuan dari E-Learning adalah membantu dan mempermudah siswa-siswa untuk dapat berkembang dan memiliki motivasi yang tinggi dalam pembelajaran karena itu diperlukan kesadaran yang tinggi bagi siswa-siswa itu sendiri betapa pentingnya E-Learning itu.


2. E-Health
Contoh website berbasis E-Helath adalah IG Indonesia Health Cover - Protect your family's health


- Kelebihan website ini adalah :
1. Website ini telah berpengalaman dengan memiliki kantor di 10 Negara di dunia sehingga pasti memiliki pengalaman dan kredibilitas dalam pengembangan di bidang kesehatan.
2. Website ini memiliki visi untuk melindungi dunia dan kedamaian di dunia melalui bidang kesehatan.
3. Dan pasti memiliki tenaga-tenaga ahli di bidang kesehatan yang diakui di dunia.

- Keurangan website ini adalah
1. Karena berstandarkan international hanya orang yang mampu saja yang bisa belajar ataupun mengembangkan karier bersama perusahaan ini.
2. Hanya orang yang ahli dibidang kesehatan dan komunikasi international saja yang dapat berkomunikasi dan mengembangkan pengetahuan di bidang kesehatan bersama perusahaan ini.
3. Diperlukan sarana dan fasilitas yang memadai karena dalam bidang kesehatan di bidang E-Health ahli kesehatan memerlukan komunikasi secara jarak jauh dan memerlukan sarana internet yang medai sedangkan di Indonesia terkendala oleh sarana dan prasarana.

3. E-Agriculture
Contoh website berbasis E-Agriculture yaitu Kementrian Pertanian Indonesia


- Kelebihan website ini adalah
1. Pada website Kementrian Pertanian Indonesia ini memberikan berbagai berita seputar perkembangan pertanian yang ada di Indonesia sehingga memberikan berbagai informasi baru di bidang pertanian di Indonesia.
2. Pada webiste ini tersedian berbagai fitur-fitur program-program yang merupakan visi dan misi dari Kementrian Pertanian Indonesia untuk dapat mengembangkan ilmu dan pengaplikasian di bidang pertanian.
3. Disediakan berbagai informasi berbagai aktivitas berupa penyuluhan dan pengembangan serta pembangunan sarana dan prasarana di bidang pertanian Indonesia.
4. Secara umum website ini sangat membantu untuk mengembangkan dan berfungsi sebagai mana mestinya sebagai website berbasiskan E-Agriculture.

Kekurangan website ini adalah
1. Masyarakat awam kurang begitu mengerti terutama petani yang biasanta tidak berpendidikan tinggi untuk dapat mengerti dan memahami informasi yang disediakan oleh website ini.
2. Bagi masyarakat terutama petani masih belum melihat dampak nyata dari berbagai visi dan misi yang tertera dalam website karena mungkin kurangnya sosialisasi ataupun berbagai hal yang tidak 'terduga'.
3. Masyarakat terutama petani memiliki kehidupan yang kurang sejahtera walaupun banyak sekali pengembangan-pengembagan, inovasi-inovasi, penyuluhan-penyuluhan dan bahkan prasara dan sarana di bidang pertanian yang disediakan oleh oleh pemerintah bagi petani yang ada pada website ini.

Sumber :
http://elearning.gunadarma.ac.id
http://www.pertanian.go.id
https://www.cignattkinsurance.in

0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes