Cara membuat animasi karakter dengan Blender




Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat animasi karakter dengan menggunakan blender.
Berikut langkah - langkah dalam membuat :
1. Langkah pertama buka aplikasi blender dan aka ada tampilan seperti dibawah ini.



2. Langkah kedua saya akan membuka file yang telah saya buat yaitu Mr. Changes seperti pada gambar dibawah ini



3. Langkah ketiga adalah kita dapat merigging object diatas menjadi seperti dibawah.



4. Apabila telah di rigging langsung masuk proses untuk membuat animasinya dengan mengubah window atau menambah window Dope Sheet dan lalu merubah dope sheet menjadi action editor.



5. Langkah kelima, untuk memulai animasi nya pertama kita klik tulangnya dan lalu ubah tampilan menjadi pose mode untuk menggerakkan tulangnya



6. Langkah keenam, ubahlah gerakan objectnya seperti pada gambar diatas. Setelah itu tekan a sebanyak 2 kali untuk menyeleksi semuanya dan setelah itu dapat menekan I untuk memilih LotRotScale , untuk mengunci perubahan pada objeknya.



7. Langkah ketujuh, geser timeline untuk melakukan gerakan yang akan dilakukan selanjutnya.



8. Lakukan hal yang sama setelah digeser timelinenya lalu kita membuat gerakkan yang baru dan setelah itu LotRotScale lagi untuk mengunci pergerakkannya. Lakukan seperti diatas secara berulang dan terciptalah suatu animasi.



Alasan saya membuat karakter tersebut adalah karakter tersebut bernama Mr. Changes. Kata Mr merupakan kata dalam Bahasa inggris yang berarti laki – laki. Dan changes yang bearti perubahan. Makna dari Mr. changes adalah seorang laki – laki yang menunjukkan kempemimpinan dalam melakukan perubahan kea rah yang lebih baik.

Sumber :
http://septiandekky.blog.widyatama.ac.id/2014/06/13/pengertian-dan-jenis-jenis-animasi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Animasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Mr

0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes