Tutorial membuat website

Saat ini kita sudah mengenal istilah website namun tidak banyak orang yang mengetahui cara membuat website. Pada umumnya orang-orang membuat website dengan berbagai pengetahuan khusus yang harus di pelajari terlebih dahulu padahal membuat website tidaklah sulit. Disini akan dijelaskan tutorial termudah dalam membuat website dengan menggunakan joomla. Berikut penjelasan singkat dalam membuat website :
1. Untuk membuat website terlebih dahulu siapkan aplikasi joomla, xampp dan file zilla.
2. Setelah itu install aplikasi xampp, jalankan xampp server dan install aplikasi joomla.
3. Setelah tahap 2 selesai konfigurasi tampilan web sesuai dengan yang diinginkan.
4. Kemudian hosting web

Tahap 1 :
• Install XAMPP
Sebelum menginstal Joomla, kita memerlukan sebuah server, sehingga Joomla dapat diinstal dan dijalankan di Komputer local tanpa harus terhubung ke Internet.
1. Klik dua kali icon XAMPP yang anda miliki atau klik kanan open pada file nya XAMPP.




2. Pilih Bahasa Indonesia pada pilihan bahasa yang digunakan.

3. Klik OK.
4. Klik next pada halaman setup wizard

5. Klik Install

6. Proses Instalasi akan berjalan. Jika sudah selesai, klik Finish. Setelah klik Selesai, akan muncul pesan seperti berikut :






7. Klik No agar XAMPP tidak masuk kedalam proses servis pada system operasi komputer kita. Dengan demikian, komputer tidak terbebani akibat dari XAMPP yang berjalan terus-menerus.

8. Klik Yes, jika Anda ingin langsung menjalankan control panel XAMPP server.

9. Dengan demikian, proses instalasi XAMPP server telah selesai.

Begitulah cara menginstal XAMPP. Kemudian kita akan melanjutkan dengan menginstal Joomla. Namun sebelumnya kita harus menjalankan XAMPP server terlebih dahulu.

• Menjalankan xampp server
Setelah menginstal XAMPP, langkah berikutnya adalah menginstal Joomla. Namun sebelumnya kita harus menjalankan service Apache dan MySql terlebih dahulu.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka XAMPP melalui Start – All Program – Apachefriends- XAMPP – Control XAMPP Service Panel.
2. Klik Start pada bagian Apache.
3. Klik Start pada bagian MySql. Maka XAMPP telah berjalan.



Tahap 2 :
• Install joomla
Setelah menginstall XAMPP, jalankan Apache dan MySQLnya. Kemudian, siapkan software Joomlanya.
1. Didalam folder joomla terdapat folder Installer. Copy folder tersebut ke folder C:/xampp/htdocs agar Joomlanya bisa aktif dibrowser.
2. Lalu buka browsernya. Ketikkan URLnya yaitu http://localhost/installer/installation/index.php. Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini :


Setelah itu klik Next seperti yang ditunjukkan oleh arah panah diatas.

3. Setelah klik Next, akan masuk ke halaman LICENSE yang tampilannya seperti dibawah ini :


Pada halaman ini kita belum melakukan apa-apa. Sama seperti langkah pertama, hanya klik Next saja.
4. Setelah klik Next pada halaman LICENSE, akan masuk langkah step 1 yaitu halaman MySQL Database Configuration. Perhatikan gambar dibawah ini :

Pada kolom Host Name ketikkan Localhost. Ini karena kita menggunakan webserver. Yaitu online pada area lokal saja. Lalu pada kolom MySQL User Name ketikkan root agar mudah diingat. Dan pada kolom MySQL Password juga kita ketikkan root. Selanjutnya pada kolom MySQL Database kita ketikkan Joomla karena kita menggunakan Joomla untuk pembuatan websitenya. Pada MySQL Table Prefix secara otomatis telah diketikkan jos_ . Ini seperti yang telah diarahkan oleh arah panah seperti tampilan diatas.

5. Setelah data-datanya diisi dengan benar, klik Next pada halaman MySQL Database Configuration tadi. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini :



Klik tombol OK seperti yang ditunjukkan oleh anak panah berwarna merah seperti diatas.

6. Jika passwordnya incorrect, anda bisa mengosongkan kolom pada MySQL Passwordnya. Setelah benar mengisikan data-datanya dan klik OK pada kotak Dialog, maka anda akan menuju pada step 2. Pada langkah ini berarti tahap pembuatan website anda sudah 90%. Pada step 2 ini anda disuruh untuk memasukkan nama website yang ingin anda buat. Perhatikan gambar dibawah ini :

Setelah memasukkan nama website yang anda inginkan, langkah selanjutnya adalah klik Next untuk melanjutkan pembuatannya.

7. Setelah memasukkan nama website pada halaman step 2, maka akan masuk ke halaman step 3. Di halaman ini anda diharuskan untuk mengisikan alamat email dan password anda. Dan perlu diperhatikan untuk pengisian password. Untuk pengisiannya 6 karakter atau lebih. Tidak boleh kurang. Jaga kerahasiaan password anda karena ini merupakan private bagi website anda. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tampilannya seperti dibawah ini :


Di halaman ini terdapat kolom URL, Path, Your Email, dan Admin Password. Karena kita menggunakan webserver, maka URL dan Pathnya ditentukan secara otomatis sehingga sudah terisi seperti tampilan diatas. Kemudian masukkan email yang sudah ada atau email yang anda punya. Dan pada kolom Admin Password kita bisa merubah passwordnya. Pada gambar diatas passwordnya ditutup dengan garis hitam, itu menunjukkan bahwa password sangat penting untuk kerahasiaan website yang anda buat.

8. Kemudian setelah mengisi semua data-datanya dengan benar, klik Next untuk melanjutkan tahap pembuatan websitenya. Dan anda akan masuk ke halaman terakhir dalam pambuatan websitenya. Pada step 4 ini, anda diberitahukan admin dan password anda. Ini digunakan untuk masuk atau login ke dalam website anda. Tampilannya adalah seperti dibawah ini :



Dipojok kanan atas terdapat 2 pilihan yaitu View Site dan Administration. Apapun pilihan yang anda pilih, anda akan masuk ke halaman seperti berikut ini :

Ini artinya anda disuruh menghapus folder Installation yang terdapat pada c:/xampp/htdocs/installer/installation. Setelah folder tersebut dihapus, klik icon reload pada browser anda.

9. Setelah di reload pada halaman tadi, akan muncul tampilan seperti dibawah ini :



Masukkan username dan password anda sesuai dengan yang telah diberitahukan pada step 4 tadi. Klik login.

10. Kemudian setelah anda login, akan muncul halaman control panel admin. Halaman ini menjelaskan bahwa anda bisa mengedit website anda. Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk mengedit website anda pada halaman ini. Tampilannya adalah sebagai berikut :



11. Sebelum memulai mengedit website anda, ada baiknya jika kita melihat website kita. Caranya adalah buka tab baru pada browser anda. Ketikkan alamat http://localhost/installer/index.php. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


12. Setelah itu masuk ke kolom login. Masukkan username dan password anda sesuai dengan yang anda buat tadi. Klik login dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini :



Tentunya tampilan diatas masih biasa atau tampilan standar Joomlanya.

13. Jika anda ingin mengedit website anda ketikkan http://localhost/installer/administrator/index2.php pada browser anda. Dan akan muncul tampilan sebagai berikut :



14. Kemudian pada menu bar pilih site>template manager>site template. Kemudian akan muncul beberapa template. Ini merupakan template bawaan dari Joomlanya sendiri. Lihat gambar berikut ini :


15. Untuk menambahkan template baru, pada menu bar pilih installer>templates site. Dan akan muncul tampilan seperti berikut ini :



Masukkan template yang ingin anda gunakan. Klik Browse, upload templatenya dan klik Upload File & Install.

16. Kemudian akan masuk ke halaman seperti berikut ini :



17. Setelah itu, klik continue seperti yang dilingkar merah pada gambar diatas. Anda akan masuk ke halaman template manager. Setelah itu pilih template yang ingin anda jadikan sebagai template pada website anda. Setelah itu klik Default. Perhatikan gambar seperti berikut :



18. Setelah itu, buka kembali website anda, reload pada menu bar browser anda. Dan secara otomatis template website anda akan berubah seperti dibawah ini :



19. Pembuatan website dengan menggunakan Joomla telah selesai. Mudah bukan. Anda bisa langsung mencoba.

Tahap 3 :
• Membuat cantik tampilan web dengan memasang template
Pada joomla hampir sama seperti pada blog, kita bisa mengatur sendiri template yang akan kita gunakan pada website kita bisa mendownload pada situs yang menyediakan template joomla ataupun kita bisa membuatnya sendiri. Di sini saya menggunakan salah satu template yang disediakan situs penyedia template joomla, setelah filenya kita download kita bisa mengaturnya dengan memilih menu extension-install/uninstall, langkah pertama kita menginstall file templatenya ke dalam joomla setelah itu msuk ke dalam menu template manager dan mengganti template default dari situs joomla dengan template yang sudah kita download sebelumnya.

Tahap 4 :
• Hosting web
Agar website/blog cms joomla bisa di akses secara online di internet yang sebelumnya di install dan di rancang secara offline di web server komputer pribadi, ialah dengan cara meng uploadnya di web server hosting yang terhubung secara online di internet sehingga memungkinkan bisa di akses oleh orang lain melalui jaringa internet.
Sebelum mengonlinekan website/blog joomla, pastinya anda harus sudah punya domain dan hosting, jika belum punya yah silahkan anda menyewanya terlebih dahulu pada jasa penyedia domain dan hosting atau bisa menggunakan alternatif domain dan hosting gratis di co.cc dan 00webhost. yang pasti di sini saya anggap anda sudah punya serta sudah tahu cara menghubugkan domain dan hosting tersebut meluli seting DNS.

Berikut cara mengonlinekan/upload file joomla pada web hosting di internet :

Export dan import database MySQL
Lakukan export database yang anda buat sebelumnya pada saat melakukan instalasi joomla secara offline contoh nama databasenya ialah dbwebblog, cara export ialah :
1. Aktifkan dulu aplikasi XAMPP, lalu tuju link http://localhost/phpmyadmin/
2. Pilih database joomla yang akan di export (contoh namanya dbwebblog), lalu klik Export
3. Seleksi semua tabel di dalam database [Select All], pilih formal SQL
4. Beri Centang pada Save as file lalu klik tombol Go untuk mendownload file sql database joomla tersebut dan tempatkan di mana saja

Buat user dan database baru di account tempat anda hosting, dengan cara login dan masuk ke cPanel hosting anda, pilih menu atau icon MySQL Database setelah itu silahkan anda buat user baru misalnya “root” dengan password “rootpassword”, dan buat pula databasenya misalnya “dbwebblog”.

Lakukan import database dengan cara
1. Pilih menu atau icon phpMyadmin
2. Pilih nama database, lalu klik menu Import
3. Klik Browse lalu cari lokasi file sql hasil export tadi
4. Klik tombol Go untuk memulai import database



Upload File Joomla
Lakukan upload file-file joomla offline menggunakan FTP FileZilla di directory public_html, untuk caranya silahkan baca Cara Upload File Menggunakan FTP FileZilla, untuk mempercepat proses upload sebaiknya anda zip dulu file joomla yang akan di upload tersebut dengan menggunakan aplikasi winzip atau sejenisnya,
Tips: pastikan bahwa anda melakukan Compress Zip bukan folder utama dalam hal ini saya mengambil contoh untuk postingan sebelumnya mengenai Cara Install Joomla Di Komputer Pribadi atau Localhost di situ saya jelaskan bahwa root di rectory file-fie joomla berada di C:\xampp\htdocs\situsmu, nah yang perlu anda Zip itu adalah file-file joomla yang berada di dalam folder situsmu bukan folder situsmu, heheh, ngerti kan?



Mengonlinekan blog joomla

Setelah file selesai di upload, masuk ke cPanel > File Manager > public_html lalu extract file yang sudah anda uploat tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih extract



Setting file configuration.php
Agar website/blog joomla bisa di akses terlebih dahulu anda harus melakukan beberapa setting file configuration.php untuk menyesuaikan setting user, database, password, path di web hosting anda.
Caranya masih pada halaman cPanel > File Manager > public_html cari file configuration.php yang tadi sudah di extract bersamaan dengan file joomla lainnya lalu lakukan edit dengan cara klik kanan lalu plih Edit


Pada halaman edit lakukan setting konfigurasi sebagai berikut,
var $host = 'localhost';
var $db = '[USERNAME_CPANEL]_[NAMA_DATABASE_JOOMLA] ';
var $user = '[USERNAME_CPANEL]_[NAMA_USER_DATABASE] ';
var $password = 'PASSWORD_DATABASE';
var $log_path = 'home/[USERNAME_CPANEL]/public_html/ logs';
var $tmp_path = 'home/[USERNAME_CPANEL]/public_html/ tmp';

Untuk hasil editan yang dengan contoh catatan bahwa User name Cpanel saya adalah “blogjoomla” user database “Root”, Password databse “rootpassword” dan nama database “dbwebblog”

var $host = 'localhost';
var $db = 'blogjoomla _dbwebblog ';
var $user = 'blogjoomla _dbwebblog ';
var $password = 'rootpassword';
var $log_path = 'home/blogjoomla/public_html/ logs';
var $tmp_path = ' home/blogjoomla/public_html/ tmp';

Berikut adalah link website yang telah kami buat http://www.wacana2ia11.hol.es


Sumber :
http://rofahani.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-website-menggunakan-joomla.html
http://yoedha-parasites.blogspot.com/2010/02/langkah-langkah-pembuatan-web-dengan.html
http://www.internetberitaku.com/2010/11/cara-meng-onlinekan-blog-joomla.html

0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes