Rangkuman Buku Ilmu Budaya Dasar Bab 10

Bab. 10 manusia dan kegelisahan

a. Pengertian kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tenteram hati maupun perbuatanya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.

b. Sebab-sebab orang gelisah

Apabila kita kaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena pada hakekatnya orang taku kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancama luar maupun dari dalam.

c. Usaha-usaha mengatasi kegelisahan

Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama harus mulai dari kita sendiri yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.

d. Ketersaingan

Ketersaingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain.

e. Kesepian

Kesepian berasal dari kata sepi berarti sunyi atau lengang, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang, tidak berteman.

f. Ketidakpastian

Ketidakpastian artinya keadaan yang tidak pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas, keadaan tanpa asal-usul yang jelas.

g. Sebab-sebab terjadi ketidakpastian

1. Obsesi

2. Phobia

3. Kompulasi

4. Hysteria

5. Delusi

6. Halusinasi

7. Keadaan emosi

h. Usaha-usaha penyembuhan ketidakpastian

Untuk dapat menyembuhkan penderita tersebut adalah tergantung dari mental si penderita. Namun jika tidak dapat sembuh maka jalan yang paling baik bagi penderita ialah diajak atau pergi sendiri ke psikolog.

0 komentar:

Posting Komentar

We are sharing kpop variety show with english subtitle
 
Copyright 2009 Sharing is our habit All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes